Minggu, 21 Desember 2014

MY Beach is in Degradation: Mangrove Forest

Assalamualaikum.

Sekedar sharing, beberapa hari lalu kami dan kak saya ke Pantai Blebak untuk mensurvei kondisi lingkungan di sana terutama kondisi hutan mangrove. Walhasil, sya sangat kaget dikarenakan hutan mangrove di sana banyak yang mulai rusak dan tidak terawat.

Siapa ya yang kira-kira merusaknya?

Hutan mangrove terdegradasi di Blebak
Usut punya usut nih, ternyata hutan mangrove di sana banyak mengalami kerusakan dikarenakan kurang pedulinya masyarakat terhadap mangrove itu sendiri. Tidak hanya itu, masalah hutan mangrove yang rusak juga menjadi perhatian kita di mana tidak hanya masyarakat saja yang dapat disalahkan, akan tetapi pemerintah juga perlu merespon dan mengatasi masalah ini dengan cepat dan sigap.

Bayangkan apabila hutan mangrove di Pantai Blebak ini rusak?
Yup, pasti lingkungan akan mnjadi rusak kan? misalnya intrusi air laut, abrasi, dan berkurangnya keanekaragaman biota laut juga kan?
Video Survei 1

So, from the case, Team Eco-EduActions dan IGAF akan berkolaborasi lagi untuk mengatasi maslah di atas dengan cara melakukan rehabilitasi dan penanaman bibit-bibit mangrove di sekitar Pantai Blebak, Mlonggo, Jepara, Indonesia. Tujuannya agar hutanku nanti bisa dinikmati pula oleh anak-anak cicit dan keturunanku nantinya :)

Salam LESTARI Negeriku.....


Video survei 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar